Minggu, 08 Juni 2014

Tata Surya


A.   PENGERTIAN TATA SURYA 

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang berputar mengelilingi matahari sebagai porosnya. Benda langit yang dimaksud adalah planet, asteroid, meteoroid, komet, satelit dan benda langit lainnya. Garis edar planet berbentuk elips dan berputar mengelilingi matahari. Tata surya kita berada dalam gugus bintang galaksi Bima Sakti.

B.   ANGGOTA TATA SURYA 

1. Planet 

Planet adalah benda langit yang berputar mengelilingi matahari dan memiliki garis edar tetap serta telah menyingkirkan objek lain di sekitar orbitnya.

Planet adalah benda langit yang berputar mengelilingi matahari dan memiliki garis edar tetap serta telah menyingkirkan objek lain di sekitar orbitnya.Planet yang termasuk dalam tata surya adalah: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sebelumnya planet dalam tata surya ada 9 buah. Tetapi sejak 15 Agutus 2006, planet ke-9 yaitu Pluto sudah tidak lagi dimasukkan dalam kategori planet dikarenakan sudah tidak memenuhi syarat menjadi sebuah planet dalam sidang umum IAU (International Astronomical Union) ke-26 di Praha, Republik Ceko.
2. Asteroid
Asteroid adalah benda langit seperti planet tetapi dengan ukuran lebih kecil dan belum dapat menyingkirkan objek lain disekitar orbitnya. Orbit asteroid ditemukan diantara planet Mars dan Jupiter. Asteroid juga dikenal dengan istilah Planetoid atau Planet Kerdil. Salah satu asteroid terbesar adalah Ceres dengan diameter 480 mil dan beredar mengelilingi matahari dalam waktu 4,5 tahun. Selain asteoid di antara Mars dan Jupiter. Pluto yang sudah tidak lagi menjadi anggota planet juga dikategorikan sebagai planet kerdil/asteroid walaupun tidak berada dalam garis edar antara Mars dan Jupiter. Asteroid yang hancur karena bertabrakan akan berubah menjadi meteoroid.
3. Komet
Komet adalah benda langit berekor yang beredar mengelilingi matahari dengan garis edar lonjong. Ekor komet selalu menjauhi matahari, dan semakin dekat dengan matahari semakin panjang pula ekornya. Ekor terbentuk karena permukaan komet tersebut menguap akibat panas matahari. Komet dikenal dengan istilah Bintang Berekor atau menurut orang jawa Lintang Kemukus. Contoh komet antara lain: komet Haley, komet Enke, komet Ikea-Seki, dll.


4. Meteoroid
Meteoroid adalah benda langit yang bergerak bebas. Meteoroid berasal dari pecahan komet, asteroid atau benda langit lain yang hancur karena tabrakan atau pengaruh hal lain. Meteoroid memiliki istilah lain yaitu Meteor dan Meteorit. Meteor adalah Meteoroid yang masuk ke atmosfer bumi. Meteor dikenal juga dengan istilah Bintang Beralih. Sedangkan Meteorit adalah meteor yang jatuh sampai ke permukaan bumi. Contoh meteorit adalah meteorit ahnitudo di Green Land tahun 1897 dengan massa 34.000 kg dan meteorit Arizona di Amerika Serikat dengan massa mencapai 50.000 ton dan membentuk kawah dengan kedalaman 190 m dan diameter 1.400 m.
 
5. Satelit
Satelit adalah benda langit yang selain beredar mengelilingi matahari juga beredar mengelilingi planet. Satelit disini adalah satelit alam. Berbagai contoh satelit alam adalah Bulan sebagai satelit Bumi, Phobos dan Deimos sebagai satelit Mars, dll. Hanya dua planet yang tidak memliliki satelit alam yaitu planet Merkurius dan Venus

2 komentar:

  1. apa-apaan ini hasilnya lumayan sih.. hahahha
    liat ja yg sya nanti..

    BalasHapus
  2. wah bagus sekali rafi blognya

    BalasHapus